PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) KE-57

Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku

Screenshot_21

Selatpanjang – Hari Kesehatan Nasional (HKN) selalu diperingati pada tanggal 12 November. Pada hari ini merupakan momentum bagi bangsa ini untuk peduli terhadap pembangunan Kesehatan yang ada di Indonesia. Sejarah dimulainya HKN terjadi pada zaman Soekarno, sekitar tahun 1950. Dimana pada saat itu terjadi wabah penyakit malaria yang paling banyak diderita oleh rakyat Indonesia dan ratusan ribu korban jiwa akibat terjangkit malaria. Pembasmian Malaria pada tahun 1959 dilakukan secara massal ke rumah-rumah di seluruh Jawa, Bali dan Lampung. Pembasmian malaria dilakukan dengan menggunakan insektisida Dichloro Diphenyl Trichloroethane (DDT), dan Penyemprotan secara simbolis dilakukan oleh presiden Soekarno pada tanggal 12 November 1959 di Desa Kalasan, Yogyakarta.

Dalam kurun waktu Lima tahun, sebanyak 63 juta penduduk Indonesia telah mendapat perlindungan / sembuh dari penyakit Malaria. Karena hal tersebut, Pada tanggal 12 November 1964, keberhasilan pemberantasan malaria diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN) pertama. Sejak saat itu HKN selalu diperingati setiap tahunnya.

Tahun ini Hari Kesehatan Nasional (HKN) sudah menginjak peringatan ke-57. Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti (RSUD) sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat I merupakan salah satu garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Meranti. Sebagai satu-satunya rumah sakit yang berdiri di Kabupaten Kepulauan Meranti, RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti terus berbenah diri dari segi pelayanan, sumber daya manusia dan sarana prasarana yang tersedia.

Di tengah Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang sedang melanda dunia, Kesehatan menjadi perhatian utama Pemerintah. Seluruh Fasilitas Kesehatan dan Tenaga Kesehatan harus siap melakukan penanganan terhadap wabah COVID-19. Ruang isolasi menjadi suatu kewajiban yang harus ada di setiap rumah sakit, baik milik pemerintah maupun swasta, tak terkecuali RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti yang juga menyediakan ruang isolasi untuk penanganan pasien COVID-19.  Menyebarnya pandemi COVID-19 ke seluruh penjuru dunia menimbulkan efek berkepanjangan terhadap seluruh sektor kehidupan seperti sektor ekonomi, sosial, pendidikan hingga pariwisata. Tingginya angka kasus COVID-19 memberikan pukulan yang cukup berat bagi seluruh sektor.

Dengan diperingatinya Hari Kesehatan Nasional (HKN) pada hari ini 12 November 2021 dengan tema, “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”, diharapkan keadaan segera pulih dan Indonesia dapat tumbuh berkembang sebagai sebuah Negara. Tema ini juga mengusung  semangat, kerjasama, kolaborasi dan gotong royong kepada seluruh masyarakat. Hal ini ditandai adanya kolaborasi oleh elemen kesehatan bersama seluruh masyarakat dalam melawan Pandemi Covid-19. Untuk meningkatkan vaksinasi nasional seluruh masyarakat demi terwujudnya Indonesia yang sehat, lepas dari pandemi Covid-19 dan terus bertumbuh.

 

Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku…

 

– S.E.L.E.S.A.I –