PENDAMPINGAN PELAYANAN KESEHATAN MATERNAL DAN NEONATAL

TAHAP II OLEH DINAS KESEHATAN PROVINSI RIAU KEPADA TIM SIMATNEO

RSUD KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

SimatneoMinggu siang tanggal 14 November 2021, di RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti kedatangan Tim Pendampingan Rencana Tindak Lanjut (RTL) oleh Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Provinsi Riau terhadap pelayanan kesehatan Maternal dan Neonatal Tahap II di Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai lokus penurunanĀ  Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024 yang menyebutkan Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Penurunan Angka Kematian Bayi (AKB) sebagai prioritas pembangunan kesehatan.

Hasil kunjungan Tahap I lebih ditekankan kepada pengenalan faktor-faktor resiko inpartum dan resusitasi pada neonatal kepada Dokter Umum maupun bidannya serta dibuat indeks dari alat bantu ukur di maternal dan neonatal serta PPI RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti. Pada kunjungan Tahap II kali ini telah terjadi perubahan terhadap hasil kunjungan Tahap I dimana terhadap indeks alat bantu ukur sudah memenuhi standar.

Dalam kunjungan Tahap II hari kedua pada senin Pagi, Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Provinsi berharap agar TimĀ  Simatneo RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti apat mempertahankan pelayanan yang sudah baik dan meningkatkan koordinasi lintas sektor baik itu di Dinkes Kabupaten maupun Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama sehingga dapat bersinergi dan AKI serta AKB bisa diturunkan. Dan diharapkan agar Tim Simatneo juga dapat mengupdate aplikasi Simatneo dengan data yang ada dan yang sudah ada perbaikan.

Dr. Rizalya Dewi Sp.A (Tim Pendamping Simatneo Provinsi Riau) menjelaskan bahwa semua Tim baik maternal maupun Neonatal agar dapat terus melatih resusitasi kepada Tenaga Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama serta pemenuhan alat dari yang terkecil hingga pemanfaatan fasilitas yang sudah ada sebelumnya dengan sebaiknya.

Kepala Seksi Pelayanan RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang sudah melakukan pendampingan terhadap Tim Simatneo RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti. Pada dasarnya RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti akan bersinergi dan berdiskusi bersama untuk berusaha mencari titik permasalahan yang ada sehingga AKI dan AKB dapar diturunkan di Kabupaten Kepulauan Meranti. Kedepannya sevara kontinu juga akan dilakukan pendalaman kepada Tenaga Kesehatan baik Dokter maupun Bidan dan Perawat yang terkait dengan pelayanan kesehatan ibu dan anak.

-S.E.L.E.S.A.I