PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 PADA MASA PANDEMI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

Bahwa dengan telah ditetapkannya oleh Pemerintah kedaruratan kesehatan masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sehingga wajib diakukan upaya penanggulangan, oleh karena itu perlu adanya intervensi tidak hanya dari sisi penerapan protokol kesehatan namun juga diperlukan intervensi lain yang efektif untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit melalui upaya vaksinasi.

Vaksinasi merupakan upaya kesehatan masyarakat paling efektif dan efisien dalam mencegah beberapa penyakit menular berbahaya. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dilakukan oleh pemerintah pusat dengan melibatkan pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota serta badan hukum/badan usaha. RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan salah satu Fasilitas pelayanan kesehatan yang melaksanakan program vaksinasi. Dalam tahap pelaksanaan RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti telah memiliki tim pelaksana program vaksinasi sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019, sebagaimana telah diubah Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 18 Tahun  2021 tentang Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Jadwal pelayanan vaksinasi juga diumumkan secara terbuka untuk masyarakat umum baik dosis I maupun dosis II melalui media sosial yang dimiliki oleh RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti. Jadwal yang disusun meliputi hari pelayanan, jumlah sesi layanan per hari, jam pelayanan dan kuota sasaran yang dilayani per sesi pelayanan. Pengumuman terhadap pelayanan vaksinasi disertai dengan link pendaftaran diperlukan mengingat tingginya animo masyarakat terhadap pelaksanaan vaksinasi di RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai feedback / balasan informasi tanggal dan waktu pelaksanaan pada sasaran yang mendaftar.

Antusias masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti terhadap pelaksanaan program vaksinasi juga seiring sejalan dengan gencarnya promosi kesehatan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat. RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti telah melaksanakan program vaksinasi sejak bulan Februari 2021 sampai dengan saat ini. Hal tersebut dimulai dengan pelaksanaan vaksinasi terhadap kelompok prioritas tenaga kesehatan yaitu tenaga kesehatan yang ada di RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti, untuk kemudian menyasar kepada petugas pelayanan publik, lansia, tokoh agama dan pendidik. Tahapan vaksinasi yang terdiri atas III Tahapan, sekarang juga telah sampai kepada kelompok prioritas masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi, yang berusia 18 tahun ke atas dan masyarakat lainnya.

Suksesnya pelaksanaan program vaksinasi yang dicanangkan oleh Pemerintah tidak terlepas dari bantuan oleh banyak pihak dan antusias masyarakat itu sendiri. Dengan dilakukannya percepatan program vaksinasi hingga mencapai 70% adalah target yang ingin dicapai oleh Pemerintah agar pandemi COVID-19 ini dapat segera berakhir. Dan RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan salah satu instansi yang berperan dalam menyukseskan program vaksinasi tersebut.