Sejarah

Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti dibangun sejak tahun 2003 dan selesai proyek pembangunannya pada tahun 2005. Rumah Sakit ini mulai beroperasi pada tanggal 4 Februari 2008 dengan nama kecamatan yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Kecamatan Tebing Tinggi dan masih dibawah Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis. Tepatnya pada tanggal 11 Februari 2008, Rumah Sakit ini telah mampu memberikan pelayanan kesehatan masyarakat, berupa pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), Rawat Inap Pasien, Poli Umum, KMB, Poli Anak serta Poli Gigi.

Setelah terjadi pemekaran Kabupaten Bengkalis dan resmi dibentuknya Kabupaten Kepulauan Meranti berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 tahun 2009 tentang Pembentukan Kabupaten Kepulauan Meranti di Provinsi Riau, maka Rumah Sakit Umum Daerah Kecamatan Tebing Tinggi ini diubah namanya menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, dan diresmikan oleh Gubernur Riau H.M. Rusli Zainal, SE, MP pada tanggal 22 Juni 2009.

Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Meranti dibentuk dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Nomor 04 Tahun 2011 tentang Pembentukan Susunan, Kedudukan dan Tugas Pokok Organisasi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti dan Peraturan Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Nomor 29 Tahun 2011 tentang Tugas Pokok dan Fungsi serta Uraian Tugas pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti.